Halaman

Sabtu, 21 Agustus 2010

Cara memilih ayam segar


Tadi secara tidak sengaja saya menonton sebuah acara investigasi, disitu dibahas tentang ayam berformalin/ tiren,ayam sakit ataupun ayam busuk yang di olah menjadi ayam yang tampilannya seperti ayam normal/layak makan. Bahkan tak hanya ayam formalin/tiren/sakit/busuk, ayam-ayam tersebut juga diberi pewarna pakaian, sangat mengerikan!

Berikut tips dalam membedakan ayam berformalin/tiren/sakit dan busuk adalah sebagai berikut :

  • Ayam berformalin, baunya akan menyengat, warnanya tetap lebih pucat daripada ayam sehat.. Ayam berformalin tidak akan dihinggapi lalat,kalaupun ada hanya sedikit sekali lalatnya, sedangkan ayam sehat akan berbau amis,sehingga pasti akan di hinggapi oleh sekumpulan lalat.
  • Ayam tiren,sakit dan busuk biasanya warnanya pucat, walaupun diberi pewarna, yg terwarnai hanya bagian luarnya saja, sedangkan bagian dagingnya akan tetap pucat.
  • Dari segi harga juga sebenarnya bisa terlihat, ayam sehat sekilo itu kan harganya 20ribu hingga 75ribu,jadi mustahil di jual dengan sangat murah, berbeda dengan ayam tiren yg hanya dijual rp.3500 per kilo dan bisa dijual hanya dengan 500 s/d 2000 rupiah saja per potong. Patut dicurigai jika harganya sangat tidak masuk akal.

Tidak ada komentar: