Senin, 27 September 2010

Tips Agar Anak Mau Minum Susu Formula

Tips Agar Anak Mau Minum SuFor

Asi ekslusif memang bagus untuk daya tahan anak, namun setelah Asi eksklusif enam bulan, biasa si anak tidak mau minum susu formula, walaupun hanya sebagai tambahan dan ASI-nya tetap diberikan. Itu juga yang saya rasakan ketika kenzie selesai masa ASI eksklusifnya. Satu setengah tahun saya mencari tahu dan berusaha agar kenzie.

Berbagai Cara telah dicoba, berbagai merek susu pun dicoba, mulai dari yang murah maupun yang mahal sekalipun, tujuannya hanya satu, agar dia mau minum susu formula (karena bagaimanapun semakin lama kulitas dan kuantitas ASI ibu kan pasti berkurang).

Pada Umur satu tahun, karena sering melihat kakak sepupunya sering minum susu botol instan, akhirnya dia mulai mau minum susu tambahan, tapi yang susu instan botol kecil-kecil rasa buah.. saya mulai sedikit tenang, namun sehari dia bisa menghabiskan 15 -20 botol, hfff...lumayan kan kalau dihitung pundi-pundi rupiahnya?hehe

Namun, lebaran kemarin (2010), saya ajak dia mudik ke kampung halaman, dan kebetulan disebelah rumah tinggal dua keponakan yang kembar yang masih berumur 1,5 tahun dan keduanya memang hanya mengkonsumsi Sufor.

Sebenarnya tanpa sengaja, selama lima belas hari di rumah kenzie sepertinya memperhatikan setiap kali si kembar minum Sufor dari botol dotnya. Dan pada suatu hari, beberapa hari sebelum balik ke bogor, tau-tau salah satu botol susu si kembar yang tergeletak diminumnya tanpa permisi dan sampai habis! lho, kok anakku jadi mau minum sufor ya?

Setibanya di bogor, saya cari lagi koleksi botolnya sewaktu masih bayi (dulu setiap melihat botol unik,saya sering beli,berharap dengan botol unik dan lucu tersebut dia mau minum sufor,tapi ternyata sia-sia). Sayapun membelikan sekoa sufor kemasan 300gr (trauma,pernah beliin yang kaleng,tapi akhirnya tidak diminum), dan alhamdulillah dia langsung mau.. dan sekarang alhmdulillah sehari bisa minta sufor 2-4kali sehari dan konsumsi susu botol instan yang selama ini diminumnya pun berkurang.

Anak memang peniru yang ulung dan mudah-ikutan, maka bunda bisa memanfaatkan sifatnya tersebut untuk hal-hal yang positif, semoga berhasil bunda...

24 komentar:

atiek mengatakan...

anakku sie kalo susunya manis selalu ga mau jadi aku cari susu yang tdk terlalu manis ...setelah cari cari akhirnya nemu yang cocok deh di lidah dia

susan mengatakan...

tapi harus cermay ya kita memilihkan susu utk anak anak jagan terlalu banyak mengandung gula tambahannya

going mengatakan...

Klo anakku sih aku kasih asi sampai umur 2 tahun. Hasilnya daya tahannya lebih bagus dr anak yg minum sufor. Setelah 2 tahun baru aku kasih sufor, aku cari yg ga terlalu manis, rasa paln agar ga jauh rasanya dr asi.

snoopy mengatakan...

Kok masih bisa asi ga diterusin sampe umur 2 tahun sih? Anakku juga dl asix sampe 6 bulan, setelahnya susah payah aku kasih asi, karna ortu nentang, dikasih lah anakku sufor dengan alasan anakku biar gendut, sampai sekarang aku nyesel bgt karna ga bisa buat apa2 karna aku kerja jd anakku ortu yg jaga, hiks

sheila mengatakan...

Klo orang dula mah anak 4 bulan da dikasih macam2. Anakku juga asix, tp yah gt ortu selalu kasih anakku minum air putih juga,katanya biar lidahnya ga putih2 dan asi itu bisa bikin panas dalam, huh...ajaran dr mana tuh...Sekarang sih anakku uda 3 thn, da minum sufor, aku kasih anakku sufor yg gulanya dikit agar ga terlalu manis dan ga kegendutan.

debby mengatakan...

anakku si ga pernah ada masalah minum sufor....yg penting selalu pakai gelas kesayangannya dan aku pilihnya ya yg sufor bernutrisi tp ga pake gula tambahan

dinda mengatakan...

wah makasih banget artikelnya kebetulan anakku susah bgt minum sufor soalnya biasanya minum asi jd pas beralih ke sufor suka males"an....sampe mikir apa aku pilihin yg manis aja ya tp ngeri jd gemuk ga sehat :(

esti mengatakan...

kenapa ya kok anak yg minum sufor tu badannya lebi gede?? kadang suka kasian sm anakku yg mungil tp untungnya jarang sakit si....sampe tergoda mau kasi sufor juga biar badan anakku gemuk....tp jgn sampe kegemukan....dilema deh...habisnya klo kegemukan jg kasian ga bisa ngapa"in :p

OnEOnY mengatakan...

iya banget..hehe. anak memang peniru ulung. huhuhu. jadi orang tua memang gak semudah yang dipikirkan yah.
tapi untung sy hidup dan jd orang tua jaman sekarang, dimana informasi bs dicari dgn mudah + byk seminar2..
gak kebayang gimana ortu sy dulu ehhehe

Ozzie mengatakan...

wah saya justru mau mengurangi susu anakku nih. sehari bisa 3-4 kali.
makannya sih biasa, tapi berasa gak pada tempatnya aja minum susu terlalu byk. kyknya cukup 2 kali y bu?
apalagi susu kan sekarang manis2, takut kegemukan deh

egi mengatakan...

terima kasih atas sharingnya bunda..

laura mengatakan...

kalau aku sih anakku aku kasih minum susu formula yang tidak mengandung gula tambahannya, biar anaknya ga enak dan terhindar juga dari bahaya obesitas

prudence mengatakan...

susu yang tidak mengandung gula tambahannya lebih baik juga buat anak, selain menghindarkan si anak dari bahayanya obesitas juga anaknya ga eneg tiap hari minum susu karena manisnya alami dari rasa vanillanya.

Rara mengatakan...

sama bgt ky anakku susaaahhh bgt dikasih botol, jadi aku suka akal2in aku kasih puting trus aku selipin botol lgsg dituker dimulutnya... emang agak susah sih tp lama2 jg dia mau..

Mulyani mengatakan...

anakku pas awal aku kenalin sufor,dia sering muntah lagi gak lama habis minum..pas aku coba susunya kok manis banget ya..
akhirnya setelah konsultasi sama dokter,dianjurkan coba susu yg tanpa gula tambahan..
ternyata habis itu dia gak gampang muntah lagi..berarti cocok sama susunya..
ya udah sampe sekarang aku tetap kasi susu yg tanpa gula tambahan itu deh buat anakku..

Intan mengatakan...

bunda, kalau mau tau seberapa besar kandungan gula tambahan di dalam susu yg biasa dikonsumsi sama anaknya, coba klik www.cekgula.com
disitu ada info mengenai gula tambahan dan jenis2nya..
semoga bermanfaat :)

Winnie mengatakan...

tapi aku suka bingung, kalo anak asix itu kan biasanya cenderung lebih kurus ya dibanding anak sufor.. nah kalo berat badan anak kurang dr normal seusianya even cm bbrp ons, kenapa dokter selalu nyaranin utk support sufor ya?

Amarilis mengatakan...

ada sufor yg memang bisa menaikkan berat badan anak dengan cepat..tapi biasanya kadar gulanya tinggi bunda..
boleh sih diberikan ke anak kalau anak berat badannya masih dibawah normal,tapi kalau sudah normal terus diberikan,bisa2 nanti anak malah jadi obesitas lho..
jadi sebaiknya kalau anaknya berat badannya sudah normal,susunya diganti dengan yg tanpa gula tambahan..agar tidak sampai obesitas..

Anonim mengatakan...

Anakku susah banget minum sufor,sdh aku coba dr yg murah sampe yg mahal tp ga mau semua,jadi bingung neeeh pdhl mau aku sapih.....minta sarann dunk

Anonim mengatakan...

Anakq jg masih asi tpi ada mslah dg bert badn yg gak naik-naik so tk ksih sufor tpi ya gitu susah dy lumayan mau klo tempat minumnya baru,klo dy udh males lgi minum sufor berarti botolnya hrs baru lagi....kata ibuku jgn khawatir mugkn nanti akan suka minum sufor klo udah di sapih...he jdi lmyan deh botolnya nunggu sampe dy disapih

Toni mengatakan...

Anakku saya saat ini usianya 2,3 tahun, belum bisa lepas dari asi....minum susu formula juga susah....bingung, cemas dan was was karena takut gizinya tidak tercukupi. Mohn tipsnya.....

hada mengatakan...

Anak saya umur 11bln, susah bgt mkn n ga mau mnm sufor. BBnya 10kg, sy takutnya anak sy krng gizi krn ga mau mnm sufor n ga mau mkn. Sudah bermacam2 bentuk dot sy coba, tp anak sy te2p ga mau, sy kasih pake gelas yg ada penutup atas, sy ksh gelas yg ada pipetnya anak sy jg ga mau. Ada yg tau solusi nya ga ya bun. Sy pusing mikirinnya.

Ananda Renata mengatakan...

anakku skrang ud 3'5thn dn amat sgt susah mnm susu.. dh berbagai cara ak lakuin tp tetep aj g mau .. gmn lg ya caranya... mhn bantuannya...? trims



Ita, tangerang

John Samuel mengatakan...

Merknya apa bu?anak saya mu disapi.ud cb berbagai merk tp dia ga mu.atau ada tipsnya gmn agar di mu sufor.sebelumnya dia asi esklusif.