Halaman

Sabtu, 23 Oktober 2010

Agar Anak Tidak Mengompol

Mengatasi kebiasaan mengompol sebenarnya gampang-gampang susah. Kelihatannya mudah,tapi banyak juga bunda yang kesulitan mengatasinya. Umumnya belajar pipis dikamar mandi sudah dimulai sejak anak umur satu tahun ke atas.

Berikut beberapa tips praktis yang mungkin bisa membantu bunda :

  • Ajak si kecil setiap dua jam sekali (pada cuaca/minum normal), dan 1-1,5jam sekali jika cuaca sedang dingin atau setelah si kecil minum dalam jumlah banyak. Awalnya mungkin memang dia bingung, kok dibuka celana?, dibawa ke kamar mandi dan disuruh pipis.. tapi percaya deh,paling hanya beberapa kali saja seperti itu, dan setelahnya pasti dia akan mengerti...
  • Kurangi pemakaian pampers/popok instan. Pemakaian pampers,hanya aan membuat anak semakin malas untuk pipis ke kamar mandi, karena sudah terbiasanya pipis dimanapun dan tanpa merasa risih dan basah. Kalau tidak memakai diapers, setidaknya anak akan sadar kapan dia pipis,terasa basah dan tidak nyaman, sehingga akan muncul kesadaran, "Kalau pipis celananya ga dibuka dan ga dikamar mandi, maa akan basah dan tidak nyaman"
  • Biasakan Jangan minum susu sebelum tidur. Minum air/susu sebelum tidur bisa memicu anak untuk mengompol.
  • Ajaklah pipis ke kamar mandi beberapa saat sebelum anak berangkat tidur. Jika sudah terlanjur tidur, maka ketiga beberapa jam kemudian saat si anak terbangun (biasanya antara bangun dan tidur,sayup-sayup) ajaklah dia ke kamar mandi untuk pipis.


Tidak ada komentar: