Halaman

Minggu, 10 Oktober 2010

Agar Anak tidak menjadi anak babysitter

Agar Anak Tidak Menjadi Anak Babysitter

Babysitter atau pengasuh memang perlu untuk membantu orang tua dalam mengawasi dan mengasuh si kecil, terutama bagi orang tua yang keduanya full bekerja. Namun,jangan mentang - mentang ada babysitter, orang tua jadi berlepas tangan dan menyerahkan semua urusan anak kepada babysitter.
Akibat yang bisa ditimbulkan jika anak lebih sering bersama babysitter dibandingkan dengan orang tuanya antara lain adalah :

* Kedekatan anak dan orang tua akan kurang terjalin, anak cenderung menjadi asing dengan orang tuanya sendiri, bahkan akan lebih mendengarkan babysitternya dibandingan dengan orang tuanya sendiri.
* Banyak memang babysitter yang mengasuh seperti membesarkan anak kandungnya sendiri, namun tidak jarang juga babysitter yang mengasuh anak hanya karena kewajiban saja. Untuk tipe yang kedua tersebut,apapun kadang akan dilakukannya demi agar si kecil tidak rewel, termasuk memberikan makanan yg kurang baik,seperti permen,jajanan,minuman dingin,es krim,coklat,dln. Anak akan dengan mudahnya menyuruh - nyuruh ataupun meminta apapun kepada babysitter tersebut.

Kalaupun orang tua bekerja dan terpaksa menitipkan anak kepada babysitter,alangkah baiknya melakukan hal sebagai berikut:

* Manfaatkan sebaik mungkin waktu anda dirumah bersama anak, entah itu menysui,menemani bermain,mendongengkan sebelum tidur,menemani belajar,dln
* Bereskan semua pekerjaan anda di kantor,jangan sampai membawa pekerjaan pulang ke rumah, sehingga ketika anda pulang ke rumah, waktu anda full sepenuhnya untuk anak dan keluarga.
* Disiplin. Kalau sudah waktunya pulang kerja, segeralah pulang. Jangan sampai anda lembur dan pulang ketika sikecil sudah lelah atau sudah tidur.

Untuk Bunda yang bekerja maupun tidak bekerja yang sering mengajak babysitter berpergian alangkah baiknya memperhatikan situasi apakah memang perlu mengajak babysitter ataukah tidak.

* Jika acara keluarga, sebaiknya jangan mengajak babysitter. Ini juga agar anak anda bisa berinteraksi dengan anggota keluarga lainnya. Seperti diasuh tante,nenek,kakek ataupun anggota keluarga lainnya.
* Jangan mengajak babysitter,jika anda berlibur Khusus keluarga yang membutuhkan privasi (khusus ayah,ibu dan anak). Tidak usah takut akan kerepotan mengurus anak, justru disitulah sebenarnya anda berdua bisa bekerja sama, saling membantu dalam mengurus si kecil.
* Ajaklah babysitter saat berbelanja (tidak ditemani pasangan). Tentunya akan repot sekali kalau anda harus menggendong si kecil atau mengawasi si kecil dan mendorong trolli. Ajaklah babysitter, namun jangan sampai peran anda terbalik. Dari yang banyak kita lihat, banyak bayi yang digendong oleh babysitter,sedangkan si ibu memilih membawa belanjaan. Terbalik. Justru,tetaplah anda yang menggendong atau menuntun anak,biarkan babysitter anda yang mengurus/membawa barang belanja.
* Ajaklah babysitter jika ke acara-acara resmi, seperti upacara pemakanan, pernikahan,seminar bunda,dln. Ini untuk antisipasi, jika si kecil rewel dan anda tidak bisa meninggalkan ruangan,anak anda bisa dibawa sebentar oleh babysitter dan tidak mengganggu jalannya acara tsb.



Kerja dirumah, klik www.bisnis-bunda.tk

Tidak ada komentar: