Halaman

Jumat, 30 Juli 2010

Maningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Orang tua seringkali merasa ketakutan jika si anak mulai main kotor-kotoran. Takut si anak sakit. Menjaga kebersihan memang harus dilakukan, tapi bukan berarti harus meniadakan kuman sama sekali. Jangan sampai menjadi paranoid. Jagalah kebersihan sewajarnya, sehingga anakpun tidak tertekan karenanya. Yang perlu dilakukan adalah meningkatkan daya tahan tubuhnya. Yang bisa dilakukan untuk meningkatan daya tahan tubuh si kecil antara lain adalah.

1. Menjaga kebersihan :Berikut Cara-cara menjaga kebersihan yang wajar :

  • Menjaga kebersihan tempat dan peralatan si kecil. Jika masih bayi, memang botol susu dan peralatan makannya sebaiknya disterilkan di air mendidih, namun ketika sudah agak besar cukup cuci menggunakan sabun dan air.
  • Cuci tangan setiap akan makan ataupun setelah selesai bermain / memegang sesuatu yang kotor.
  • Jaga kebersihan makanan, cuci dulu buah dansayuran dengan air bersih.

2. Jika si anak masih bayi, berikanlah ASI yang cukup dan imunisasi sesuai dengan jadwalnya. ASI terbukti dapat meningkatkan daya tahan tubuh bayi, sedangkan imunisa adalah memasukkan kuman yang telah dilemahkan ke tubuh si kecil, sehingga ketika nanti dia menghadapi kuman yang sama, tubuhnya sudah membentuk anti body.

3. Memberikan asupan gizi yang cukup sejak dari bayi. Cukup vitamin,mineral,kalsium,dln

4. Ajak anak beraktivitas fisik. Kalau kita orang dewasa biasanya dengan berolah raga yang teratur dapat meningkatkan daya tahan dan stamina, demiian juga dengan anak-anak. Anak yang aktif biasanya akan lebih jarang terserang sakit dibandingkan dengan anak yang kurang gerak.

6. Cukup Tidur. Makin berkualitas tidur seseorang, maka akan baik pula daya tahan tubuhnya.

7. Hindari stress pada anak. Berikan anak kenyamanan dan kedamaian ketika berada dirumah. Jangan menerapkan aturan yang berlebihan yang bisa membuat anak stress. Anak yang stress akan rentan terserang penyakit.


Tidak ada komentar: