Halaman

Senin, 02 Agustus 2010

Tips Belanja Online

Tips Belanja Online


Belanja online sudah biasa saat ini. Saya sendiri adalah orang yang biasa melayani penjualan online alias punya toko online. Selain jualan online, saya juga orang yang lebih senang berbelanja online. Mudah dan praktis. Saya tidak perlu pergi kemana-mana, browsing di internet, pilih model atau barangnya, SMS /tlp nomor kontaknya, bayar via transfer SMS banking/net banking, tinggal nunggu kiriman barangnya deh..! Buat saya yang agak repot kalau harus pergi kemana-mana ini sangat membantu.

Namun, seiring dengan makin ramainya trend belanja online, seringkali juga dimanfaatkan oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab, mengatas namakan toko online, ada gambar yang dipajang, namun setelah dibayar biasanya mereka tak bisa dihubungi lagi atau menghilang begitu saja.

Untuk itu, bagi para bunda yang senang belanja online, tips berikut ini mungkin bisa membantu bunda dalam memilah dan memilih toko online yang bisa anda percayai ;

  • Mintalah informasi dan deskripsi yang jelas tentang produk yang akan anda beli. Lihat gambarnya,ukuran,warna,deskripsi,dln.
  • Jika posisi anda jauh di luar kota atau di daerah, jangan sungkan-sungkan meminta scan KTP si penjual. Kenapa harus SIM dan KTP? Hal ini dimaksudkan untuk menguji bahwa kedua ID itu memang cocok(bisa juga di cocokkan dengan no rekening si penjual)
  • Jika anda masih satu kota dengan si penjual, mintalah sistem COD (Cost of delvery) saja. Jadi anda bayar ketika barang diantarkan ke tempat anda. Ada barang ada uang. Namun jika tidak bisa COD, anda bisa lakukan yang dipoin nomor dua diatas.
  • Tanya yang jelas, apakah harga barang tersebut sudah termasuk ongkos kirim atau belum. apakah anda bisa memilih jenis paketnya, berapa hari kira-kira barang tersebut sampai di tempat anda, dan jika perlu mintalah nomor resi pengiriman atas pesanan anda tersebut. Ini juga untuk berjaga-jaga, jika dalam waktu yang di tentukan barang anda belum sampai, anda tinggal melacak atau datang langsung ke cabang jasa pengiriman tersebut dengan membawa nomor resinya.
  • Jika kartu identitas dan rekeningnya cocok/sesuai, maka silahan transfer pembayaran anda dan janga lupa konfirmasikan setelah anda melakukan pembayaran kepada si penjual.
  • Jika anda membeli barang dalam jumlah besar atau dalam nominal yang besar, mintalah kenalan/teman anda yang dikota tersebut untuk mengecek langsung sampel-sampel barang pesanan anda tersebut.
  • Hati-hatilah jika ada yang menawarkan barang dengan janji-janji yang terlalu muluk atau berlebihan atau kelewat murah. Bisa jadi itu jebakan, bisa jadi barangnya berasal dari black market. Cari lah yg harganya wajar-wajar saja.

OK, sekian tipsnya, buat yang ingin menambahkan bisa diemail langsung ya ke maria_ui03@yahoo.com atau kalau yg punya tips2 lain yg temanya bersangkutan dgn website ini juga bisa.trmksh

Tidak ada komentar: