Halaman

Jumat, 07 Mei 2010

Mengatasi Bayi Kuning

BAYI KUNING ATAU BILIRUBIN TINGGI

Rate This
Quantcast

BAYI KUNING ATAU BILIRUBIN BAYI TINGGI?

Kuning pada bayi biasanya seringkali menimpa bayi yang lahir caesar, namun tidak sedikit juga bayi yang lahir normal mengalami hal yang sama. ada macam-macam penyebabnya, antara lain ketidakcocokan darah ibu dan bayi,infeksi,prematur,dln.

sekedar berbagi pengalaman aja..

saya mengalami ini ketika kenzie, anak pertama saya baru lahir. kenzie terpaksa dilahirkan secara caesar, karena sudah 24 jam lebih bukaannya tidak ada kemajuan yang berarti. setelah 30menit diruang operasi, akhirnya kenzie lahir dengan kondisi sehat. dan beberapa jam kemudian saya diizinkan untuk langsung menyusuinya.

setelah 3 hari dirumah sakit, saya dan kenzie diperiksa. dari hasil pemeriksaan kadar bilirubinnya di angka 6. artinya, kenzie masih dalam batas normal. kami pun pulang, dan disuruh kembali kontrol 3 hari kemudian.

setelah 3 hari, kami kembali kontrol. dan alangkah shok-nya saya dan suami mengetahui bahwa kadar bilirubinnya sudah meningkat menjadi 16. padahal di rumah saya selalu menyusuinya semaksimal mungkin dan tiap pagi selalu dijemur selama 15 s/d 20 menit.

kami panik. wajar, karena ini adalah pengalaman pertama kami merawat bayi dan selama ini di keluarga besar tak ada yang mengalaminya.

akhirnya, kami merelakan kenzie untuk di rawat 3 hari, disinar. dan karena kondisi saya waktu itu tidak memungkinkan untuk bolak balik rumah sakit untuk memberikan ASI saya, akhirnya kami meminta kepada pihak rumah sakit sebuah kamar untuk saya menginap. dan syukur Alhamdulillah pihak rumah sakit mengizinkan.

alhmdulillah lagi setelah 2 hari, adar bilirubinnya turun kembali dan kenzie diperbolehkan dibawa pulang.

Tips agar kadar bilirubin tdak naik drastis:

1. jemur bayi setiap pagi, sekitar pk.7.00 wib selama 15 s/d 20 menit. tanggalkan pakaiannya agar sinar dapat langsung diserap oleh tubuh bayi..

2. Berikan ASI semaksimal dan sesering mungkin. hal ini dapat mengurangi kadar bilirubin dan meningkatkan daya tahan tubuh bayi.

yang penting, jangan buru-buru panik ya, hadapi aja dengan tenang, pasrah dan banyak berdoa.. ok?

demikian..yang mau nambahin silahkan..

Bisnis Bunda,

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Trims infonya bu