Halaman

Selasa, 25 Mei 2010

Tips Berinternet Aman Untuk Anak



Internet diibaratkan sebuah pisau yang tajam. orang baik bisa memanfaatkannya untuk kebaikan seperti mengupas buah, memotong sayuran,dln. Adapun orang yang berhati jahat bisa saja menggunakan pisau tersebut untuk membunuh orang lain. Demikian juga halnya dengan internet. Sebagian orang mendapatkan manfaat yang tak terhingga untuk hidup mereka, seperti menjalin silaturrahmi, mencari informasi untuk tugas kuliah ataupun kantor, menambah penghasilan,dln. Namun, sebagian orang lainnya juga bisa saja memakai internet untuk kejahatan,penipuan, dln.

Maraknya kejahatan yang berkaitan dengan dunia internet seringkali meresah orang tua. Terlebih lagi media elektroknik hampir setiap minggu memberitakan anak-anak remaja yang menghilang setelah berkenalan dengan orang-orang baru yang dikenalnya melalui situs jejaring sosial facebook,friendster, ataupun twitter,dln.

Sebetulnya orang tua tak perlu khawatir, asalkan bisa mengawasi, mengontrol akun si anak dan memberikan pemahaman yang baik kepada sang anak tentang baik dan buruknya internet. Berikut ada beberapa tips buat orang tua dalam mengawasi anak dalam menggunakan internet:

1. Letakkan komputer/laptop di ruang keluarga, yang setiap orang bisa mengakses ruangan tersebut. H al ini untuk mencegah si anak untuk berbuat yang aneh-aneh, seperti mendownload gambar porno, show,dln.

2. Pasangi komputer/laptop dengan program yang otomatis bisa memblock kata-kata yang tidak pantas.

3. Jangan berikan ponsel yang memiliki fasilitas internet. Jadi anak cukup mendownload internet di rumah dan dibawah pengawasan anda saja.

4. Sebisa mungkin anda mempunyai akses ke akun facebook/email/twitter/dln si anak. eit, anda punya akses bukan berarti anda bebas memasuki dunia privacy si anak lho, tapi anda cukup hanya mengontrol siapa teman yang pantas atau tidak, subject pesannya wajar atau tidak, siapa saja teman yg sering berinteraksi dengan si anak, foto-foto yang dipasang pantas atau tidak,dln, selebihnya biarlah menjadi urusan pribadi si anak.

Ok, ayah..bunda.. semoga tipsnya bermanfaat ya..!

Tidak ada komentar: