Halaman

Selasa, 15 Juni 2010

Cara Mengatasi Insomnia

Insomnia adalah suatu keadaan yang mana seseorang mengalami kesulitan untuk tidur atau tidak dapat tidur dengan nyenyak.

Penyebab Insomnia
1. stress
2. karena ada masalah pada makanan.

Cara- cara untuk mengatasi insomnia:
1. Olahraga teratur, biasakan olahraga selama beberapa menit di pagi hari.
2. kurangi konsumsi minuman yang mengandung kafein, seperti teh atau kopi, terlebih sebelum mendekati waktu tidur.
3. Lakukan aktivitas yang membuat anda nyaman sebelum tidur, seperti mandi air hangat, menyetel lagu favorit atau melapisi tempat tidur dengan selimut yang nyaman,dln
4. Perhatikan waktu makan dan menu makanan. Jangan sampai jarak anda makan dan waktu tidur terlalu jauh,sehingga ketika akan tidur anda tidak terganggu oleh perut yang keroncongan.
Untu menu, anda bisa memakan makanan yang mengandung karbohidrat, karena karbohidrat ringan banyak mengandung
Trytophan, yang dapat membantu merilekskan.
5. Buang Semua pikiran. kosongkan pikiran anda, terutama yang mengganggu. buang semua khawatir dan cemas, rileks...
6. Buat Jam tidur yang teratur, jangan biasakan begadang atau tidur tidak pada waktunya atau melebihi waktu tidur anda. biasakan bangun pagi.
7.
Atur cahaya lampu kamar menjadi remang-remang ketika Anda akan tidur. Gelap merangsang otak memproduksi melatonin yang membimbing mata untuk terpejam.
8.
Hentikan menonton TV, membaca buku, setidaknya sejam sebelum tidur.
9. mengonsumsi buah-buahan. buah anggur, pisang, jujube (sejenis nama buah) dan beberapa jenis buah-buahan lainnya juga memliki efek menenangkan saraf dan mempercepat tidur
10.
minum susu hangat. Susu kaya akan asam amino triptofan. Meningkatnya kadar triptofan di dalam otak akan berdampak pada peningkatan produksi serotonin, yang membuat pikiran menjadi santai, dan memancing timbulnya kantuk.
11. Berhubungan seks (bagi yang sudah menikah), baik untuk mengurangi stres yang sering membuat orang jadi susah tidur, mengendurkan tensi, membebaskan dari rasa sakit, di samping juga mengundang kantuk.

semoga bermanfaat yaa..!!

sumber: diambil dari berbagai macam sumber.

Tidak ada komentar: