Halaman

Kamis, 17 Juni 2010

Tips Mengatasi Anak Susah Makan


Masalah klasik tapi menjadi Trend yang sering melanda di kalangan bayi dan anak adalah sulit makan. Memberi makan pada anak, khususnya bayi dan balita tidaklah semudah mengucapkan atau membayangkannya. Banyak orang tua yang mengeluhkan atau kehilangan akal untuk mengatasi masalah ini. Berikut beberapa tips yang mungkin bisa ayah/bunda coba ya, semoga bermanfaat..

1. Atur makanan selingan atau cemilan jauh sebelum waktu
makan tiba.
2. Kurangi susu, Di atas usia 1 tahun kebutuhan susu hanya 2 gelas sehari
3. Pahami kondisi anak dg baik. Jadilah ortu yg otoritatif. Artinya bersikap tidak memaksa, tetapi juga tidak membiarkan begitu saja. Bina komunikasi yg baik dg anak. Bersabarlah menghadapi anak.
4. . Variasikan menu makan anak. Jika perlu buat menu makan anak min. selama 1 minggu utk mempermudah ibu mengatur variasi makanan.
5. Siapkan tempat makan seperti mangkuk/piring/gelas/sendok diusahakan berbentuk lucu yang merupakan gambar favorit anak, itu membuat selera anak jadi tumbuh ketika makan.
6. Ciptakan suasana makan yang nyaman, asyik, dan berselera. Minimal dengan cara makan bersama keluarga. Sehingga anak dapat melihat secara langsung bagaimana anggota keluarga lain lahap makan.
7.Ijinkan anak untuk makan sendiri, terutama untuk finger food.
8. Libatkan anak dalam menyiapkan makanan keluarga, seperti menyiapkan meja makan,mengambil buah,dln
9. Hindari pemeberian iming-iming atau hadiah setelah makan, karena biasanya hadiah itu kan makanan yg paling ditunggu anak,jadi selera makan utamanya akan terganggu.
10. Biarkan anak makan sendiri.
Jangan takut dengan kekotoran yang disebabkan anak makan sendiri, karena yang penting di sini adalah anak merasa mampu, dipercaya oleh orangtua, semakin mandiri dan kemampuan motoriknya juga akan terlatih dan berkembang baik.
11. Merangsang anak untuk senantiasa aktif bergerak.
Anak yang aktif bergerak akan mudah lapar dan mempunyai efek baik terhadap kesehatannya.

semoga bermanfaat..!
dirangkum dari berbagai macam sumber.

Tidak ada komentar: